Galaksi Kejora

HowToQuestion – Kejora duduk di ayunan halaman depan rumahnya. Malam ini udara sedikit kencang mengakibatkan suhu yang dingin.

Angin malam menerpa wajah, membiarkan anak rambut Kejora beterbangan mengenai wajahnya. Kejora menatap langit malam yang tidak begitu terang dan tidak begitu gelap.

Langitnya terlihat mendung, bahkan Kejora hanya bisa melihat satu diantara ribuan bintang malam.

Saat melihat bintang, Kejora teringat akan kejadian beberapa tahun lalu yang membuat kehidupan Kejora menjadi berubah seratus persen berbeda dari yang dulu.

Kejora ingin menangis kala teringat kejadian itu. Kejora kehilangan sang ayah saat dirinya berusia 14 tahun, saat itu Kejora duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama(SMP).

Hal yang sangat-sangat tidak Kejora inginkan selama ini. Selama hidupnnya, Kejora tidak melihat kondisi ayahnya yang tidak baik-baik saja.

Yang Kejora lihat ayahnya selalu tertawa, dan melakukan apa saja untuk Kejora. Sosok ayah yang tidak pernah mengeluh, juga tidak pernah membuat Kejora menangis sedikitpun.

Ayahnya juga tidak pernah berkata kasar pada Kejora. Bahkan yang Kejora lihat, ayahnya itu selalu terlihat bahagia. Kejora ingin sang ayah kembali lagi bersama dirinya.

Kejora sangat merindukan sosok peran ayah juga ibunya. Setelah ayahnya meninggal,Kejora merasa jika hidupnya terasa sangat hampa karena sudah tidak bisa mendengar suara ayahnya lagi.

Ibu Kejora pun juga lebih memilih meninggalkan Kejora sendiri. Ibunya memilih hidup bersama orang lain. Sedangkan kakak laki-laki nya, tidak selalu di rumah.

Meskipun tinggal bersama kakaknya, tetapi Kejora merasa tinggal dengan orang asing. Mereka tidak pernah bertegur sapa sama sekali setelah ayah nya pergi.

Kehidupan Kejora bisa dikatakan memiliki kemiripan dengan Galaksi,tetapi beda nya ayah Galaksi ada. Meskipun telah mencari pengganti ibu Galaksi,ayahnya masih sangat menyayangi dan masih peduli dengan anak-anaknya.

Hanya saja Galaksi yang masih belum bisa menerima keadaan jika ayahnya sudah mempunyai pasangan lagi. Galaksi sebenarnya tidak pernah marah dengan ayahnya,tetapi Galaksi kecewa karena ayahnya mengambil keputusan tanpa meminta persetujuan Galaksi maupun Ghea.

Ayahnya hanya memberitahu Ghea 2 hari sebelum hari h. Ghea tidak kecewa dengan ayahnya,hanya saja dirinya terkejut saat ayahnya tiba-tiba memberitahu bahwa akan melaksanakan pernikahan kembali.

Jika itu adalah kebahagiaan ayahnya,Ghea juga akan merasakan hal yang sama. Hal apa saja akan Ghea lakukan demi melihat ayahnya tersenyum bahagia.

Ayah Galaksi selalu datang menghampiri Galaksi di apartemen tempat tinggalnya. Selalu membujuk dan meminta Galaksi untuk kembali ke kediamannya bersama keluarganya, tetapi Galaksi tidak pernah merespon ayahnya sedikitpun.

Galaksi menganggap seolah-olah ayahnya sedang tidak berada di samping nya. Pernah suatu hari ayahnya datang menghampiri Galaksi, tetapi apa yang ayahnya dapat. Galaksi membentaknya.

Setelah kejadian itu,ayahnya tidak pernah datang menemui nya. Tetapi 3 hari setelahnya,ayah Galaksi kembali menemui saat Galaksi akan berangkat sekolah.

Ayah nya datang tidak untuk meminta Galaksi kembali,tetapi mengucapkan kalimat yang dapat membuat Galaksi terenyuh akan itu. Setelah mengatakan itu ayahnya pergi.

Berita yang Galaksi ketahui dari adiknya,Ghea. Jika ayahnya sudah menyerah dalam menghadapi sikap dan respon sosok anak pertamanya.

Hal itu sungguh membuat Galaksi harus berperang dengan isi kepalanya. Galaksi juga semakin sadar dengan apa yang dirinya lakukan, setelah Kejora memberi nasihat pada nya kala itu.

Kejora sedang berada di kelasnya bersama sahabatnya, Jihan. Entah kemana pergi nya dua sahabat Kejora yang lain. Kejora duduk di bangku samping Jihan.

Kejora sibuk membolak-balikkan buku materi paketnya. Berbeda dengan Jihan yang tengan sibuk memahami materi baru, juga harus menyelesaikan soal yang di berikan.

Jihan menyerah, menurutnya materi ini adalah suatu kutukan karena tidak dapat diri nya pahami. Jihan menoleh ke arah Kejora. Jihan mendengkus sambil menepuk jidat nya.

Pusing akan materi juga pusing akan kelakuan sahabatnya yang berubah akhir-akhir ini. Jihan memanggil Kejora berkali-kali, tetapi Kejora tidak mendengar.

Karena merasa kesal akhirnya Jihan menepuk punggung tangan Kejora dengan bolpoin yang Jihan pegang untuk menyelesaikan tugas tadi. Seketika Kejora sadar, lalu mengelus punggung tangan nya yang terasa sakit.

Lalu menatap Jihan dengan wajah ekspresi marah. Jihan melihat ekspresi Kejora dengan menahan tawa. Jihan bertanya pada Kejora, apa Kejora sedang memiliki masalah.

Jika memiliki masalah, Jihan siap menjadi pendengar keluh kesah sahabatnya. Kejora menggelengkan kepala nya sambil tersenyum.

Tiba-tiba ada segerombolan heboh memasuki ruang kelas Kejora dan Jihan. Ternyata segerombolan itu adalah para siswa kelas lain, Galaksi dan teman-temannya.

Hal itu sungguh membuat Kejora dan Jihan bingung. Karena sebelumnya Galaksi dan teman-temannya tidak pernah memasuki kelasnya.

Jihan tersenyum saat sosok siswa yang diidamkannya ikut masuk ke kelasnya bersama Galaksi. Siswa itu memilih diam dan seolah tidak melihat Jihan.

Teman Galaksi heboh, terkecuali untuk Galaksi dan Siswa idaman jihan. Mereka semua saling menggoda Galaksi. Tetapi Galaksi memilih diam saja.

Tapi tiba-tiba Galaksi berbicara meminta untuk menemui nya nanti waktu istirahat kedua di taman sekolah. Semua mendadak diam, Galaksi mengulangi perkataannya dengan tatapan yang tertuju kepada Kejora.

Kejora menunjuk dirinya sendiri, Galaksi mengangguk. Setelahnya Galaksi keluar kelas disusul siswa tadi dan teman temannya dengan berbagai godaan menjadi penggiring keluar.

Mereka semua tertawa geli saat melihat ekspresi Galaksi yang seperti nya tengah menahan rasa kesal dan amarahnya.Kejora pergi ke kantin bersama para sahabatnhya.

Tiba-tiba Kejora menghentikan langkahnya, mereka semua ikut berhenti. Sahabat Kejora saling bertatapan dan menatap Kejora.

Kejora yang ditatap seperti itu menunjukkan gigi rapi nya lalu mengatakan jika dirinya akan pergi sebentar ke kamar mandi. Sebelum diamuk para sahabatnya terutama sosok Lala,yang memiliki sifat yang tidak bisa menahan kesal.

Kejora segera melarikan diri meninggalkan para sahabatnya. Lala ingin marah tetapi harus lebih bersabar dalam menghadapi sifat Kejora yang selalu berubah-ubah layaknya bunglon.

Kejora keluar dari salah satu bilik kamar mandi. Kejora berjalan ke keluar menuju pintu, tetapi saat tengah berjalan, tiba-tiba ada seseorang yang memanggil namanya.

Kejora berhenti lalu menoleh pada suara yang tadi Kejora dengar. Ternyata yang memanggil Kejora adalah Ghea. Ghea tersenyum saat Kejora melihat ke arahnya, Ghea segera menghampiri Kejora lalu mengambil tangan kanan Kejora.

Sambil memegang tangan kanan Kejora, Ghea mengucapkan permintaan maaf juga ucapan terima kasih sambil tersenyum. Kejora tidak mengatakan apa-apa dirinya bingung dengan apa yang dilakukan Ghea.

karena sebelumnya mereka tidak pernah bertegur sapa sama sekali. Setelah mengucapkan itu, Ghea berjalan keluar meninggalkan Kejora yang masih berdiam diri di dalam kamar mandi.

Kejora berjalan menuju kantin sekolah menyusul para sahabatnya, sampai nya di sana. Ternyata mereka semua telah menghabiskan makanan dan minuman yang telah di pesan.

Kejora duduk di samping Febby, mereka semua menatap Kejora dengan tatapan yang malas terkecuali Jihan. Jihan menunjukkan makanan Kejora yang sudah dingin karena sudah terlalu lama di pesankan.

Kejora mengangguk lalu segera menghabiskan makanannya. Tiba-tiba Lala berceletuk setelah meletakkan ponselnya di meja kantin. Mereka semua menoleh, bahkan Kejora juga menghentikan makannya.

Setelah mengatakan itu Lala diam, dan mengedarkan pandangannya ke seluruh isi kantin. Setelahnya Lala meminta sahabat-sahabatnya untuk mendekat, mereka menurut lalu menunggu Lala mengatakan sesuatu.

Lala berdiri dan mengatakan jika sekarang waktunya kembali ke kelas. Mereka semua memutar bola matanya malas mendengar jawaban Lala.

Karena terlalu fokus hingga tidak menyadari jika bel istirahat sudah berakhir. Mereka semua berjalan menuju kelas dengan sedikit candaan.

Bel istirahat kedua telah berbunyi. Seperti apa yang diinginkan Galaksi tadi, saat ini Kejora bejalan melewati koridor untuk menuju ke halaman taman sekolah.

Kejora sampai di taman sekolah, dirinya melihat sekeliling taman mencari keberadaan Galaksi yang menyuruhnya kemari tetapi Galaksi sendiri tidak ada di sini.

Kejora memilih duduk di bangku yang di sediakan di taman. Kejora duduk menyilangkan kaki nya. Hampir 15 menit menunggu Galaksi membuat Kejora menjadi bosan.

Merasa sebentar lagi bel akan kembali berbunyi, Kejora berdiri dari duduknya. Saat akan berbalik badan meninggalkan taman Kejora terkejut karena di belakangnya ada seseorang.

Kejora mendongak, ternyata itu adalah seseorang yang di tunggu Kejora. Galaksi mengatakan jika sebenarnya dirinya tidak sungguh-sungguh meminta Kejora datang,karena bagi Galaksi pasti Kejora tidak akan menemui nya.

Tetapi justru berbanding balik dengan apa yang Galaksi pikirkan. Nyatanya Kejora datang dan setia menunggu kedatangan Galaksi.

Kejora diam, lalu berjalan melewati Galaksi. Tetapi Langkahnya terhenti karena Galaksi menahan tangannya. Galaksi membawa Kejora untuk kembali duduk di bangku taman itu.

Galaksi menatap arah depan, sama seperti Kejora. Mereka saling diam, Kejora membuka percakapan kembali dan mengatakan jika dirinya kembali ke kelas saja.

Melihat tidak ada respon sama sekali dari Galaksi, Kejora berdiri. Tetapi ucapan Galaksi membuat Kejora berhenti dan mengerutkan alis nya. Kejora menatap Galaksi.

Galaksi kembali mengucapkan jika saat ini dirinya sudah menyadari dengan apa yang dirinya lakukan saat ini. Galaksi sadar jika sikap nya dapat menyakiti perasaan keluarganya, terutama ayah dan ibu sambungnya.

Galaksi sekarang ini sedang berusaha berdamai dengan keadaan. Setelah mendengar kata-kata Kejora saat itu, membuat hati dan pemikiran Galaksi menjadi terbuka.

Meski sedang berusaha tetapi Galaksi tetap akan tinggal sendiri karena dirinya merasa semakin dewasa Galaksi harus lebih mandiri. Juga Galaksi masih mempunyai seorang adik yang menurut nya masih perlu bimbingan orang tua.

Galaksi berdiri menatap Kejora, lalu memegang tangan Kejora. Kejora hanya diam karena tidak tahu harus bagaimana.

Galaksi kembali mengatakan bahwa tidak menyangka jika dirinya bisa bertemu dengan seorang gadis yang menurutnya memiliki pemikiran yang dewasa daripada umur nya sendiri. Galaksi menatap lekat manik mata Kejora.

Perasaan Galaksi menginginkan Kejora bersamanya, tetapi Galaksi tidak tahu bagaimana nantinya dengan Kejora karena mereka saja baru bertemu beberapa hari.

Kejora bingung harus mengatakan apa. Kejora terkejut karena tiba-tiba Galaksi memeluknya erat. Kejora mengangkat tangannya ragu untuk mengelus punggung Galaksi.

Kejora bisa merasakan jika Galaksi menangis di pelukannya. Kejora ingin melepaskan tetapi Galaksi malah mengeratkan pelukannya.

Tidak lama setelahnya Galaksi melepaskan pelukan itu, lalu menatap Kejora lamat. Galaksi kembai mengatakan,jika mereka tidak bisa bersama,

Galaksi berharap Kejora tidak akan menjauhi nya dan mereka bisa terus berkomunikasi meskipun hanya sebagai teman tidak lebih.

Kejora tersenyum lalu mengangguk, melihat Kejora membuat Galaksi ikut tersenyum. Galaksi kembali memeluk erat Kejora begitupun dengan Kejora.

Galaksi Kejora memiliki kehidupan yang hampir serupa, Galaksi baru mengenal Kejora, tetapi sifat dan sikap Kejora membuat Galaksi kagum karena dapat membuatnya berpikir dewasa dan berusaha berdamai dengan keadaan.

Meski tidak harus bersama tetapi Galaksi Kejora bisa menjadi teman. Galaksi akan terus berusaha melakukan yang terbaik untuk Kejora. Galaksi harus selalu membuat Kejora tersenyum.

Galaksi tidak ingin Kejora kecewa, terluka, dan mengeluarkan air mata yang berharga. Hubungan Galaksi Kejora dapat menyatukan persahabatan di antara dua pihak, dari pihak Kejora maupun Galaksi sendiri.

Kisah kehidupan Galaksi Kejora belum usai. Kisah mereka masih akan terus berlayar. Galaksi Kejora masih tetap ada. Perbedaan sikap dan sifat nyatanya dapat menyatukan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.